...
Pemantauan
PEDOMAN PENCEGAHAN & PENANGANAN KASUS KEKERASAN SEKSUAL DI PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM (PTKI)
02-12-2020 |

PEDOMAN PENCEGAHAN & PENANGANAN KASUS KEKERASAN SEKSUAL DI PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM (PTKI)

 

KATA PENGANTAR

Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan Komisi Nasional anti Kekerasan terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) adalah lembaga HAM nasional yang memiliki mandat untuk menciptakan kondisi yang kondusif bagi penghapusan segala bentuk kekerasan terhadap perempuan. Dalam menjalankan mandatnya, Komnas Perempuan bekerjasama dengan berbagai lembaga dan kementerian serta lembaga organisasi masyarakat sipil dalam upaya penghapusan kekerasan terhadap perempuan.

Pada tanggal 25 Mei 2018 Komnas Perempuan telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kementerian Agama. Salah satu implementasi dari MoU adalah upaya menciptakan kampus yang ramah Hak Asasi Manusia dan Gender, yaitu dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Nomor 5494 Tahun 2019 tentang Pedoman Pencegahan dan Penanggulangan Kekerasan Seksual pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam dan menyediakan Pedoman Pencegahan dan Penanganan Kasus-kasus Kekerasan Seksual di Kampus Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI). Diharapkan dengan adanya Pedoman ini, korban kekerasan seksual dapat melaporkan peristiwa yang dialaminya, ada lembaga dan sumber daya yang menerima pengaduan dan penanganan kasusnya, baik penanganan internal maupun menggunakan sistem rujukan ke lembaga yang memiliki sarana penanganan kasus yang diperlukan korban.

Selain pemenuhan hak korban akan kerahasiaan data, pemulihan fisik maupun psikologis, diharapkan dengan pedoman ini pihak kampus juga mampu mengambil langkah-langkah memutus impunitas pelaku dan mencegah keberulangan. Komnas Perempuan berterima kasih atas dukungan semua pihak, baik Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama, para Ketua Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) dan perwakilan Forum Pengada Layanan (FPL) yang telah mendukung dan berkontribusi dalam penulisan Pedoman Pencegahan dan Penanganan Kasus Kekerasan terhadap Perempuan ini. Semoga Pedoman ini dapat disosialisasikan dan diimplementasikan di semua kampus PTKI di Indonesia.

 

Jakarta, 1 Oktober 2020

 

Andy Yentriyani

Ketua Komnas Perempuan

 

 

Silahkan mengunduh

Pedoman Pencegahan dan Penanganan Kasus Kekerasan Seksual di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI)

 Sumber ilustrasi

https://iain-surakarta.ac.id/pusat-studi-gender-dan-anak-iain-surakarta-susun-panduan-penangananan-kekerasan-seksual/

 


Pertanyaan / Komentar: