RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Dalam Perspektif HAM dan Gender

07 February 2018 | Reporter - Komnas Perempuan
Deskripi foto


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Dalam Perspektif HAM dan Gender

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) memegang peranan yang sangat penting dalam pelaksanaan pembelajaran. RPP didesain oleh guru dengan merujuk pada kurikulum yang ada sebagai arahan untuk pencapaian tujuan nasional yang dalam prakteknya disesuaikan dengan konteks siswa dan fasilitas yang ada di sekolah masing-masing. RPP merupakan kreativitas guru, yang di dalamnya dapat diintegrasikan nilai-nilai dan perspektif guru tentang hasil pembelajaran yang diinginkan di setiap akhir pembelajaran, termasuk di dalamnya adalah perspektif Hak Asasi Manusia yang Berkeadilan Gender (HAMBG), sebagai upaya untuk mencegah terjadinya kekerasan terhadap perempuan.

Buku ini merupakan upaya awal yang telah dilakukan oleh para guru Bimbingan Konseling, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pendidikan Agama Islam dan Sejarah, dalam mengintegrasikan perspektif HAMBG ke dalam mata pelajaran yang mereka ampu. Diharapkan, dari karya ini akan lahir juga RPP-RPP lain yang dapat dibuat guru dengan mengintegrasikan perspektif HAMBG. Terima kasih kami haturkan kepada semua pihak yang telah berkontribusi pada lahirnya buku ini, semoga inisiatif baik ini memberi manfaat bagi penciptaan situasi yang kondusif penghapusan tindak kekerasan terhadap perempuan di institusi pendidikan.

 

Link unduh dokumen :

Rencana Pelaksanaan Pembelajaraan Dalam Perspektif HAM Gender

https://drive.google.com/file/d/1r46MgjGwjEjLRGYcrsTv0lP8Fp8T8ZE3/view?usp=sharing

 

Share

Berita Terkait