...
Berita & Pengumuman
Berita Foto: Partisipasi Komnas Perempuan dalam Sidang ke-140 Komite HAM PBB

1. Kegiatan tanggal 11 Maret 2024 (pkl 10.00- 13.00 waktu Jenewa)


Komnas Perempuan menghadiri Sidang ke-140 Komite HAM PBB untuk pembahasan laporan kedua Pemerintah Indonesia dalam pelaksanaan Kovenan Hak Sipil dan Politik yang berlangsung pada 11- 12 Maret 2024. Pada hari pertama, Senin 11 Maret pagi hari, Komnas Perempuan memberikan keterangan kepada Komite HAM mengenai isu-isu HAM perempuan untuk dibahas oleh Komite. Hadir dalam sesi ini adalah Komisioner Theresia Iswarini dan Komisioner Alimatul Qibtiyah serta badan pekerja Dahlia Madanih. Sebagai ketua delegasi, Theresia Iswarini menyampaikan intervensi secara lisan di hadapan Komite HAM. Sesi ini juga dihadiri oleh delegasi dari Komnas HAM.

2. Kegiatan tanggal 11 Maret 2024 (Pkl 14.00- 15.00 waktu Jenewa)

 

Komnas Perempuan bertemu dengan Francesco Motta, Kepala Cabang untuk Region Asia Pasifik, Timur Tengah dan Afrika Utara dan Abeer Hashayka dari Kantor Komisioner Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia di Palais Wilson, Jenewa. Pertemuan ini dilakukan pada jeda Sidang ke-140 Komite HAM PBB untuk pembahasan laporan kedua Pemerintah Indonesia dalam pelaksanaan Kovenan Hak Sipil dan Politik. Pertemuan tersebut membahas perkembangan pemajuan HAM perempuan Indonesia secara khusus serta isu-isu yang menjadi tantangan dalam pemajuan dan pemenuhan HAM perempuan, serta dukungan kerjasama yang dapat dilakukan bersama ke depan. Pada pertemuan ini delegasi Komnas Perempuan terdiri dari Komisioner Theresia Iswarini dan Komisioner Alimatul Qibtiyah, serta badan pekerja Dahlia Madanih.

3. Kegiatan tanggal 11 Maret (Pukul 15- 18.00 waktu genewa)


Sebagai Komisi HAM Nasional, pada sore hari sidang ke-140 Komite HAM PBB pelaksanaan Kovenan Hak Sipil dan Politik, Komnas Perempuan mendengarkan pembahasan laporan kedua Pemerintah Indonesia. Pada sesi ini, Komite HAM memberikan berbagai pertanyaan kepada Pemerintah Indonesia untuk mengklarifikasi ataupun mempertajam pelaporan yang telah disampaikan. Pemerintah Indonesia kemudian menanggapi pertanyaan-pertanyaan tersebut. Sesi ini dihadiri oleh Ketua Delegasi Komnas Perempuan, Komisioner Theresia Iswarini, dan Komisioner Alimatul Qibtiyah, serta Dahlia Madanih sebagai badan pekerja.

4. Kegiatan tanggal 12 Maret (Pukul 10.00- 13.00)