...
Kertas Posisi
Kertas Konsep Pencegahan dan Penghapusan Pemotongan/Pelukaan Genitalia Perempuan (P2GP)


Anatomi kelamin pria berbeda dengan anatomi kelamin perempuan sehingga khitan pada kedua jenis kelamin ini berbeda dampaknya. Khitan pada pria menghilangkan preputium ataupun kulit yang menutupi gland penis di mana kulit tersebut dapat menghambat saluran berkemih dan terdapat sisa urin di kulit tersebut yang dapat menyebabkan infeksi saluran kemih. Artinya, khitan pada pria berdampak positif terhadap kesehatan kelaminnya.  Sementara anatomi kelamin perempuan memiliki saluran kemih yang tidak tertutupi oleh preputium sehingga saluran kemih tidak terhambat dan higenitas yang baik lebih gampang. Ini artinya, secara medis khitan perempuan tidak diperlukan (karena tidak ada yang menutupi saluran kemihnya), bahkan tindakan menyunat hanya menyakiti dan merusak kelaminnya.

P2GP terus bertahan dan lestari di beberapa wilayah karena adanya faktor-faktor pendukung dari budaya dan agama, yang saling berkelindan menguatkan. Praktik P2GP sendiri meng alami durabilitas pengetahuan yang berlangsung dari generasi ke generasi karena kuatnya tradisi masyarakat, agama dan keyakinan atau kepercayaan lainnya untuk memuliakan perempuan dan sebagai syarat sebagai “Perempuan Islam”, menghilangkan kotoran atau najis serta mengontrol perilaku perempuan secara moral dan seksualitas.

Mengingat tidak mudahnya melakukan upaya penghapusan praktek P2GP ini dengan pendekatan kebijakan, maka diperlukan penentuan rencana aksi jangka pendek dan jangka panjang bersama antara berbagai pihak, terutama Kementerian Agama (karena seringkali praktek ini dilakukan atas nama agama) dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaaan (karena praktek ini telah membudaya). Kertas konsep ini berisi Rencana Aksi Pen cegahan dan Penghapusan P2GP dan lampiran  pengetahuan yang ditulis dari perspektif kesehatan, hak asasi perempuan, kebudayaan, dan agama.



Link unduh dokumen : 

Kertas Konsep Pencegahan dan Penghapusan Pemotongan_Pelukaan Genitalia Perempuan _P2GP

https://drive.google.com/file/d/1QCO1BvTpsJFg0pynjpWU0Z0XJsJ_6C0J/view?usp=sharing

 


Pertanyaan / Komentar:


Notice: Undefined variable: subPage in /home/komnasperempuan/web/komnasperempuan.go.id/public_html/app/Models/mGet.php on line 558

Notice: Undefined variable: subPage in /home/komnasperempuan/web/komnasperempuan.go.id/public_html/app/Models/mGet.php on line 514