...
Berita & Pengumuman
Informasi Lowongan Kordinator Divisi Pemantauan Komnas Perempuan

Informasi Lowongan

Kordinator Divisi Pemantauan

Komnas Perempuan

Januari 2022

 

Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) didirikan berdasarkan Keputusan Presiden No.181 Tahun 1998 dan diperbaharui dengan Peraturan Presiden No.65 Tahun 2005 memiliki tujuan untuk menciptakan situasi yang kondusif bagi penghapusan kekerasan terhadap perempuan dan penegakan hak-hak asasi perempuan.

 

Saat ini Komnas Perempuan membuka lowongan untuk posisi Koordinator – Divisi Pemantauan – Kode Lamaran 004-KPANTAU-2022 

 

Adapun kualifikasi untuk Koordinator Divisi Pemantauan adalah sebagai berikut:

· Memahami dan menjalani nilai-nilai yang dianut oleh Komnas Perempuan yaitu anti kekerasan, anti diskriminasi, keberagaman, kesetaraan, inklusivitas dan penghargaan atas kemanusiaan;

· Memiliki pemahaman yang baik atas isu-isu pelanggaran hak asasi perempuan dan segala bentuk kekerasan terhadap perempuan, serta memiliki perspektif dan pengetahuan tentang HAM berkeadilan gender; 

· Memahami dan dapat melakukan tugas selaku Koodinator Pemantauan antara lain:

1. Menyusun pengembangan konsep, strategi dan  sistem untuk pemantauan kekerasan perempuan berbasis gender;

2. Melaksanakan kerja pemantauan lapangan untuk kasus pelanggaran HAM perempuan di seluruh di wilayah Indonesia, melakukan analisis dan merancang sistem untuk pemantauan kekerasan perempuan berbasis gender; 

3. Memastikan terselenggaranya layanan pengaduan melalui Unit Pengaduan untuk Rujukan;

4. Melakukan supervisi dan memastikan pengelolaan respon Komnas Perempuan dalam bentuk surat respon, amicus curiae, saksi ahli berjalan sesuai kebutuhan korban;

5. Mengelola pendokumentasian,  pengarsipan dan melakukan supervisi  pendokumentasian data kasus;

6. Melakukan pengolahan data dan pembagian kerja pengolahan data per isu, jenis dan bentuk kekerasan sesuai permintaan internal dan eksternal Komnas Perempuan;

7. Membentuk dan melakukan supervisi tim data kuantitatif CATAHU (Catatan Tahunan) untuk kompilasi data kekerasan terhadap perempuan nasional dari lembaga mitra CATAHU per tahun, serta mengelola penerbitan CATAHU setiap tahun;

8. Melakukan supervisi rancangan pengembangan dan peningkatan kapasitas Tim Pengaduan untuk Rujukan dan Divisi Pemantauan;

9. Membangun kerjasama dengan para pakar yang terlibat dalam program pemantauan, baik secara internal dan eksternal;

10. Mengelola laporan-laporan pemantauan dan terbitan pemantauan;

11. Melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan pemantauan lapangan serta penulisan instrumen dan laporan pemantauan.

· Latar belakang pendidikan diutamakan Sarjana (S1) Ilmu-ilmu Sosial;

· Memiliki pengalaman bekerja di berbagai isu kekerasan terhadap perempuan berbasis gender, minimal 5 (lima) tahun;

· Memahami kerja-kerja dengan jaringan masyarakat sipil, lembaga pemerintah dan mitra jaringan; 

· Memiliki kemampuan menulis, membuat laporan (baik laporan substantif maupun laporan administrasi keuangan), dan membuat kerangka acuan kegiatan;

· Memiliki pengalaman dan kemampuan mengelola program yang didukung oleh lembaga donor maupun APBN;

· Memiliki kemampuan manajerial yang baik dan mengelola permasalahan di lingkup kerjanya;

· Berintegritas dan matang secara emosi; 

· Sanggup bekerja dalam situasi yang kompleks dan dalam tenggat waktu yang ketat, mampu melaksanakan banyak tugas dalam waktu  bersamaan, dapat bekerja sama dengan baik dalam tim, terorganisir serta bersedia melakukan perjalanan dinas ke lapangan/di luar kantor;

· Memiliki kemampuan berkomunikasi dan berkoordinasi dengan baik dan artikulatif, teliti dan rapi, mampu menjaga kerahasiaan, jujur dan bertanggung jawab;

· Memiliki keahlian dalam mengoperasikan program komputer untuk aplikasi Microsoft Office dan aplikasi lain yang mendukung pelaksanaan tugas;

· Memiliki kemampuan berbahasa Indonesia baku dan kemampuan dalam bahasa Inggris dengan baik.

Para Pelamar diharapkan:

· Mengirimkan surat lamaran dan daftar riwayat hidup lengkap.

· Melampirkan salinan atau foto copy dokumen pendukung, termasuk foto diri dengan mencantumkan kode lamaran di sudut kiri surat lamaran.

 

Lamaran dialamatkan ke:

Bidang Sumber Daya Manusia (SDM)
email: rekrutmen@komnasperempuan.go.id

Lamaran kami harapkan telah kami terima paling lambat pada tanggal 22 Januari  2022.


Pertanyaan / Komentar: