Informasi Rekrutmen dan Seleksi Eksternal
Pelaksana Program Tim Perempuan Pekerja
Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan
April 2023
Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) didirikan berdasarkan Keputusan Presiden No.181 Tahun 1998 dan diperbaharui dengan Peraturan Presiden No.65 Tahun 2005 memiliki tujuan untuk menciptakan situasi yang kondusif bagi penghapusan kekerasan terhadap perempuan dan penegakan hak-hak asasi perempuan.
Saat ini Komnas Perempuan membuka lowongan untuk posisi Pelaksana Program – Tim Perempuan Pekerja – Kode Lamaran 10-TPP-PP-2023
Adapun kualifikasi yang dipersyaratkan untuk Pelaksana Program Tim Perempuan Pekerja adalah sebagai berikut:
· Memahami dan menjalani nilai-nilai yang dianut oleh Komnas Perempuan yaitu anti kekerasan, anti diskriminasi, keberagaman, kesetaraan, dan penghargaan atas kemanusiaan;
· Memiliki pengetahuan dan pemahaman sampai tingkat analisis yang baik atas isu-isu pelanggaran hak asasi perempuan dan segala bentuk kekerasan terhadap perempuan, serta memiliki perspektif dan pengetahuan dasar tentang HAM berkeadilan gender terutama yang terkait dengan isu perempuan pekerja;
· Memiliki pengetahuan dan keberpihakan tentang prinsip-prinsip keadilan berperspektif korban, termasuk menjaga kerahasiaan korban;
· Memahami isu-isu Perempuan Pekerja antara lain:
1. RUU Perlindungan PRT dan atau Ratifikasi Konvensi ILO 189 tentang Kerja Layak bagi PRT
2. Omnibus Law/ UU Cipta Kerja
3. Perlindungan Maternitas Pekerja Perempuan, Konvensi ILO 190 dan Konvensi ILO 183
4. Kerja Rumahan dan Konvensi ILO 177
5. Perempuan pekerja manufaktur, sektor informal, perempuan dan perdagangan manusia, pekerja migran, dan lainnya
6. Advokasi penghapusan hukuman mati
· Latar belakang pendidikan minimum Sarjana (S1) Ilmu-ilmu Sosial atau Bidang Hukum;
· Memiliki pengalaman minimal 2 (dua) tahun dalam bidang relevan, khususnya dalam isu-isu Perempuan Pekerja;
· Memiliki kemampuan membuat rencana kerja dan anggaran sesuai kebutuhan arah program kerja;
· Memiliki pengalaman dan kemampuan mengelola program yang didukung oleh anggaran hibah maupun APBN;
· Memahami kerja-kerja dengan jaringan masyarakat sipil, lembaga pemerintah dan mitra jaringan dari luar negeri/jaringan internasional;
· Memiliki kemampuan menulis, membuat laporan (baik laporan substantif maupun laporan administrasi keuangan), dan membuat kerangka acuan kegiatan;
· Sanggup bekerja dalam situasi yang kompleks dan dalam tenggat waktu yang ketat, mampu melaksanakan banyak tugas dalam waktu bersamaan, dapat bekerja sama dengan baik dalam tim, terorganisir serta bersedia melakukan perjalanan dinas ke lapangan/di luar kantor;
· Memiliki kemampuan berkomunikasi dan berkoordinasi dengan baik dan artikulatif, teliti dan rapi, mampu menjaga kerahasiaan, jujur dan bertanggung jawab;
· Memiliki keahlian tingkat lanjut dalam mengoperasikan program komputer untuk aplikasi Microsoft Office dan aplikasi lain yang mendukung pelaksanaan kerja berbasis teknologi informasi;
· Memiliki kemampuan berbahasa Indonesia baku dan kemampuan dalam bahasa Inggris yang baik.
Para Pelamar diharapkan:
· Mengirimkan surat lamaran dan daftar riwayat hidup lengkap dengan mencantumkan kode lamaran dan nama lengkap pelamar di subjek email (contoh: 10-TPP-PP-2023_Annisa Karima).
· Melampirkan salinan atau foto copy dokumen pendukung, diantaranya ijazah pendidikan terakhir, kartu identitas yang masih berlaku, dan foto diri terbaru.
Lamaran dan dokumen relevan ditujukan kepada Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Komnas Perempuan, melalui email: rekrutmen@komnasperempuan.go.id selambatnya pada hari Kamis, 28 April 2023, pukul 23.59 WIB. Hanya pelamar yang memenuhi kualifikasi yang akan dihubungi dan dipanggil untuk proses selanjutnya.